Obat Rematik dan Asam Urat

Obat Rematik dan Asam Urat – Arthritis atau rematik adalah peradangan di satu atau beberapa persendian yang terjadi secara tiba-tiba dan ditandai degan bengkaknya persendian. Penyebab rematik itu sendiri belum diketahui secara pasti. Beberapa kemungkinan yang menyebabkan timbulnya rematik diantaranya infeksi, komplikasi dengan penyakit infeksi lainnya, atau komplikasi penyakit lain yang bukan infeksi.

Obat Rematik dan Asam Urat

Obat Rematik dan Asam Urat

Penyakit Rematik

Secara umum, gejala rematik dapat dijumpai dalam bentuk timbulnya bengkak dan rasa sakit di persendian, nafsu makan hilang, haus, keringat berbau, sembelit, air seni kurang dan sangat asam, serta muncul gejala kaku di persendian. Untuk menanggulangi masalah rematik ini, pengobatan yang dilakukan ditujukan untuk menghilangkan infeksi dengan antibiotik, menghilangkan peradangan dengan obat anti-inflamasi, menghilangkan rasa sakit dengan obat analgesik, dan memperlancar peredaran darah dengan obat stimulasi sirkulasi.

Obat Rematik dan Asam Urat

Secara umum, rematik dapat diatasi dengan lima jenis Obat Rematik dan Asam Urat kimia. Setiap Obat Rematik dan Asam Urat memiliki fungsi sebagai berikut :

1. Obat anti inflamasi non-steroid (OAINS) berfungsi untuk mengatasi nyeri sendi akibat proses peradangan.

2. Obat kortikosteroid berfungsi sebagai antiradang dan menelan reaksi imun. Obat ini dapat diberikan dalam bentuk tablet atau suntikan di bagian sendi yang sakit.

3. Obat pengubah perjalanan penyakit arthritis reumatoid yang harus diberikan sesegera mungkin setelah seseorang divonis menderiita rematik. Biasanya obat ini dapat diberikan secara tunggal atau dikombinasikan dengan obat jenis lain.

4. Obat imunorepresif berfungsi untuk menekan reaksi imun. Obat ini jarang digunakan karena efek sampingnya cukup berat yaitu dapat menimbulkan penyakit kanker dan bersifat racun bagi ginjal dan hati.

5. Suplemen antioksidan yang diperoleh dari asupan vitmain dan mineral yang berkhasiat untuk mengobati rematik. Asupan vitamin dan mineral dapat diperoleh dengan mengkonsumsi buah atau sayuran segar yang berwarna hijau atau orange seperti wortel.

SelainĀ Obat Rematik dan Asam Urat tersebut, pengobatan secara medis dapat juga dilakukan melalui program rehabilitasi. Rehabilitasi ini berfungsi untuk mengembalikan kemampuan penderita seperti semula sehingga dapat menjalankan kehidupan sehari-harinya dengan lancar.

Obat lain yang dapat digunakan adalah Colchicine, Probenesid, Sulfinpirazon, Azapropazon, Benzbromaron, dan Alopurinol.

Obat Rematik Alami

1. Cara Pertama

Bahan-Bahan :

– 6-10 ons daun serai segar beserta akarnya

Cara Pemakaian :

– Daun serai dicuci sampai bersih
– Kemudian direbus dengan air secukupnya
– Sewaktu masih hangat, airnya digunakan untuk mandi

2. Cara Kedua

Bahan-Bahan :

– 10 buah cabai rawit
– Kapur sirih seujung sendok teh
– 1 buah jeruk nipis

Cara Pemakaian :

– Tumbuk cabai sampai halus
– Kemudian tambahkan kapur sirih dan air jeruk nipis
– Aduk hingga semua bahan tercampur rata
– Lalu balurkan atau oleskan pada bagian sendi yang sakit

Rematik dan asam urat dapat diatasi sejak awal, ketika gejala baru terasa. Setiap orang dapat dengan mudah mendeteksi gejala tersebut. Gejala yang umum terasa adalah nyeri di persendiaan baik akibat trauma maupun bukan, kaki menjadi sangat sakit jika terkilir, bahkan mudah nyeri dan panas. Tindakan awal yang dapat dilakukan secara cepat dan tepat adalah mengompres bagian tubuh yang sakit dengan air es.

Beberapa hal yang bisa membantu mengatasi penyakit rematik adalah :

  1. Melakukan aktivitas fisik
    Kebanyakan orang mungkin berpikir bahwa dengan melakukan olahraga maka hal ini akan merusak sendi, namun menurut penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa rematik bisa membantu mengurangi rasa sakit, masalah kelelahan, membantu meningkatkan fleksibelitas dari gerakan dan kekuatan serta bisa membantu mengatasi masalah rematik agar lebih baik lagi dengan lebih menyeluruh. Dari ketiga jenis latihan yang paling baik yang dilakukan adalah dengan melakukan latihan berakan, latihan penguatan dan juga melakukan latihan daya tahan. Aerobik air merupakan salah satu jenis pilhan yang paling baik akibat dari meningkatkan jangkauan gerak dan juga jangkauan dari daya tahan sambil juga menjaga berat badan dari sendi tubuh pada bagian bawah. Selain itu dengan melakukan berjalan kaki, berenang, dan bersepeda adalah salah satu aktivitas fisik yang bisa membantu meringankan keluhan nyeri sendi.
  2. Melindungi sendi
    Salah satu cara yang dilakukan untuk melindungi sendi adalah dengan mengurangi stres yang terjadi pada sendi. Sebaiknya mulailah hindari gerakan yang bisa membuat sendi Anda mengalami kerusakan, karena sendi akan lebih renta dalam mengalami kerusakan disaat sedang bengkak dan disaat sedang sakit. Sebaiknya hindari juga dalam meletakkan sendi di bagian posisi yang sama dengan jangka waktu yang lebih lama. Bangun dan kemudian gerakan sendi Anda agar tidak kaku. Dan bersitirahatlah disaat Anda sudah mulai merasa lelah.
  3. Menjaga berat badan
    Salah satu cara menurunkan resiko penyakit rematik adalah dengan tetap menjaga berat badan agar dalam keadaan ideal. Masalah obesitas atau berat badan berlebih akan membuat penampilan Anda menjadi terganggu dan bisa mempengaruhi terjadinya penyakit rematik. Dengan menurunkan berat badan maka akan membantu dalam mengatasi stress yang terjadi pada sendi dan mengurangi rasa sakitnya. Selain itu juga menjaga berat badan dengan baik akan membantu mengurangi resiko dari terjadinya penyakit jantung dan penyakit diabetes atau penyakit gula.

Itulah informasi mengenai obat rematik dan asam urat, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua.

Obat Rematik dan Asam Urat


=====================================

>>> Kapsul Sidaguri Membantu Mengobati Rematik, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Rematik and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>